Pusat Karir 26 Mei 2016

Sabtu, UIR akan Wisuda 1.357 Lulusan Sarjana dan Pascasarjana

Universitas Islam Riau (UIR) Sabtu (28/05) kembali akan melakukan wisuda periode II tahun 2016 terhadap 1.357 lulusan sarjana dan pascasarjana. Pengukuhan wisuda akan dilaksanakan di gedung Indoor Volley UIR pada Sabtu (28/05) lusa.

 

 

Dari 1.357 lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) masih menjadi fakultas terbanyak yang melahirkan lulusan, yakni sebanyak 498 lulusan, disusul oleh fakultas ilmu sosial dan politik (Fisipol) 190 lulusan, Fakultas Ekonomi 183 lulusan, Fakultas Hukum 117 lulusan, Fakultas Teknik 116 lulusan, Fakultas Pertanian 59 lulusan, Fakultas Agama Islam (PAI) 42 lulusan, Fakultas Ilmu Komunikasi 20 lulusan, dan Fakultas Psikologi untuk wisuda kali ini hanya melahirkan 15 lulusan.

 

 

Sementara itu, program pascasarjana untuk wisuda periode II tahun ini meluluskan sebanyak 117 magister.  Dengan demikian, termasuk lulusan wisuda kali ini, maka UIR sudah memiliki 42.018 alumni.

 

 

Sedangkan yang menjadi pemuncak wisuda kali ini adalah dari Prodi Agribisnis Fakultas pertanian atas nama Ratna Setianingsih dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,97. Sementara itu terdapat 81 lulusan sarjana dan pascasarjana dengan IPK diatas 3,70. Terhadap mereka yang memiliki IPK 3,70 ini diberikan pelatihan dan bimbingan khusus strategis menghadapi tes dan psikotes oleh Lembaga Bimbingan Konseling UIR.

 

 

Bimbingan ini sengaja diberikan sebagai bentuk apresiasi agar mereka yang mendapat IPK diatas 3,70 siap menghadapi dunia kerja.

 

 

Rektor Universitas Islam Riau, Prof. Dr. Detri Karya, mengharapkan lulusan-lulusan UIR memiliki karakter yang cerdas, empati, relijius, ikhlas dan amanah (CERIA) sebagaimana yang menjadi nilai dasar UIR. Menurutnya melalui karakter CERIA ini akan berguna bagi masyarakat dan bangsa Indonesia ini.

 

 

Selain itu, Prof. Dr. Detri Karya, SE., MA juga mengharapkan lulusan UIR yang diwisuda untuk terus berkarya dan memperdalam ilmu yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan di UIR.

 

 

"Teruslah berkarya dan perdalam ilmu yang telah diperoleh. Jadilah generasi yang berkualitas dan memiliki daya saing global,"katanya.

 

 

Prof. Dr. Detri Karya, SE., MA juga menyampaikan komitmen UIR untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di lingkungan UIR. Bentuk komitmen tersebut menurutnya sudah bisa dilihat dari peningkatan nilai akreditasi program studi yang ada di UIR.

 

 

Saat ini, dari 36 program studi tiga program studi sudah akreditasi A yani prodi S1 Hukum dan Prodi S2 Hukum serta prodi S1 Prodi Agrinisnis Fakultas Pertanian. 28 prodi lainnya mendapat akreditasi B dan hanya empat prodi yang berakreditasi C.

 

 

"Insya Allah dua prodi yakni prodi Ilmu Komunikasi dan Prodi Teknik Informasi nilai akreditasinya tahun ini akan naik menjadi A atau B. Kedua program studi ini saat ini sedang menunggu tim asesor BAN-PT untuk dilakukan penilaian akreditasi," kata Prof. Dr. Detri Karya SE., MA.

 

 

Selain itu, kata Rektor UIR, tahun ini UIR membuka prodi baru yaitu prodi Rauhatul Athfal atau pendidikan Guru PAUD di fakultas Agama Islam. Dengan demikian katanya terdapat 37 Prodi yang menerima mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2016-2017 ini.  (Dr)

[ Admin ]